12 MAKANAN DENGAN NUTRISI TERBAIK DI DUNIA

Makanan dengan gizi yang baik memang banyak diburu oleh orang tidak lain karena ingin menambah perkembangan dan ada juga yang ingin terhindar dari berbagai penyakit.

Bahan makanan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Banyak factor positif yang akan kita dapatkan dalam mengomsumsi makanan bergizi. Namun kalian jangan salah pilih, banyak bahan makanan diluar sana yang masih merugikan.


Terutama untuk anak anak yang masih membutuhkan komsumsi nutrisi yang baik, saya sudah menjelaskan makanan apa saja yang merugikan bagi perkembangan anak baca disini


Namun ada juga bahan makanan yang memiliki nilai gizi yang banyak bahkan dikategorikan sebagai bahan makanan dengan nutrisi terbaik didunia. Apa saja itu? Yuk liat dibawah ini.


1. Kubis
Pada waktu ini, mungkin tidak mengherankan bahwa kubis adalah salah satu makanan tersehat di dunia. Itu karena kubis itu telah menjadi fokus para ahli kesehatan selama beberapa tahun sekarang, dengan para ahli yang sama, menyarankan agar kita makan sebanyak mungkin kubis. Tapi mengapa itu begitu penting? Nah, selain rendah kalori dan bebas lemak, kale penuh dengan vitamin, mineral, antioksidan dan serat alami.

 
BACA JUGA: leher sakit saat menelan? ini penyebab dan solusinya

Sederhananya, kubis membuat Anda tetap sehat dan membantu Anda merasa lebih baik daripada banyak makanan lainnya. Jika Anda khawatir dengan rasa kubis, yang bisa sedikit pahit, coba tambahkan ke semur dan saus. Peluangnya adalah Anda tidak akan pernah melihatnya ada di sana, meskipun hal itu memiliki dampak yang signifikan terhadap perasaan Anda bagi anda yang tidak suka kubis.

2. Rumput laut.

Di banyak belahan dunia, rumput laut telah menjadi bagian penting dari diet sehat selama berabad-abad atau dalam beberapa kasus. Tapi di indonesia, rumput laut jarang muncul di toko yang menyediakan seafood ataupun penjual hasil laut lainnya. dan ini sangat menyedihkan.
 
Soalnya, rumput laut sebenarnya adalah makanan yang sangat bergizi. Itu karena penuh dengan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan mangan, yang beberapa di antaranya tidak dapat ditemukan dengan mudah di banyak jenis buah atau sayuran lainnya. Rumput laut juga memiliki banyak antioksidan yang berpotensi mengurangi peradangan dan membantu Anda pulih dari kondisi kesehatan tertentu.


3. Bawang putih
Ini adalah salah satu bahan yang kebanyakan orang akan sangat akrab dengannya. bahkan jika Anda tidak biasanya makan apa yang kebanyakan orang menganggap "makanan sehat", kemungkinan Anda sudah mendapat bagian dari bawang putih ini, yang sering ditambahkan ke makanan dari burger dan saus spaghetti. juga untuk sup, rebusan, dan daging panggang. Dan tidak heran bawang putih ini sangat populer, bawang putih murah dan itu menambah rasa yang unik dan populer untuk semua jenis hidangan.

Tetapi bawang putih juga sangat sehat, mengandung vitamin C, B1, dan B6 yang tinggi. bawang putih juga penuh dengan kalsium, kalium, tembaga, mangan, dan selenium. Para ilmuwan terus menyelidiki manfaat kesehatan bawang putih dan tampaknya menemukan manfaat baru setiap saat.

4. Kerang
Jika Anda mencari makanan yang benar-benar bergizi, jagalah mata Anda untuk makanan yang kaya protein dan vitamin dan nutrisi tetapi relatif rendah lemak dan kalori. mereka adalah jenis kerang, dari udang ke kepiting dan lobster. Selain menjadi makanan paling lezat (sayangnya sering mahal) di dunia, ini juga sangat bergizi.


BACA JUGA: mengapa kepala tiba tiba pusing? ini penyebab dan solusinya

Sebagai contoh, kerang secara luas dianggap sebagai salah satu sumber vitamin B12 terbaik, yang secara langsung dapat mempengaruhi tingkat energi kita. Tiram, sementara itu tinggi seng, tembaga dan vitamin D. Dan di seluruh kategori ini kecenderungannya adalah untuk makanan menjadi rendah kalori dan lemak juga sangat tinggi protein, membuat mereka menjadi taruhan besar bagi siapa pun yang peduli tentang makan sehat.

5. Salmon
Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan tidak keberatan makan daging, ikan dapat menjadi salah satu pilihan terbaik. Itu karena rendah lemak dan kalori dan sangat tinggi protein, yang berarti itu akan membuat Anda merasa kenyang tanpa membebani Anda.


Tetapi salmon, dalam banyak hal bahkan lebih mengesankan daripada jenis ikan lainnya. Itu karena salmon mengandung banyak asam lemak omega-3, yang telah terbukti dapat meningkatkan fungsi otak dan bahkan dapat mencegah timbulnya beberapa penyakit serius. Salmon juga tinggi magnesium, kalium, dan selenium, mineral yang semuanya sangat baik untuk kesehatan Anda.


6. Blueberry
Ada banyak jenis buah yang berbeda, hampir semuanya merupakan pilihan makanan yang bagus dengan manfaat mereka sendiri. Tetapi blueberry sangat sehat karena mereka dikemas dengan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan peluang kita untuk staving atau pulih dari berbagai penyakit.


Blueberry juga tinggi dalam sesuatu yang disebut phytochemical, yang telah dikaitkan dengan fungsi otak yang lebih baik (seperti peningkatan memori). Untuk selera mereka, sulit untuk menolak kelezatan blueberry matang yang segar, yang dapat menjadi camilan yang sangat baik sendiri atau ketika ditambahkan ke salad buah atau smoothie.


7. Putih Telur
Rebus telur kemudian iris bagian tengahnya dan Anda akan melihat bahwa pada dasarnya ada dua bagian utama untuk makanan unik ini: "putih" di bawah cangkang dan kuning telur yang membentuk inti dalam. Baik putih dan kuning telur mengandung protein, tetapi kuning telur juga banyak mengandung lemak dan kolesterol.

Mengonsumsi telur utuh bukanlah masalah besar, asalkan dilakukan secukupnya. Sementara kuning telur tinggi lemak dan kolesterol, unsur-unsur ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Tetapi putih telur memiliki manfaat lebih baik yaitu tinggi protein dan rendah lemak, yang berarti mengisolasi bagian putih telur sangat bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

8. Wortel
Ketika Anda berpikir tentang makan wortel, salah satu hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah Bugs Bunny(tokoh kartun), yang terus-menerus mengunyah sayuran oranye kecil ini. Jika dia adalah manusia yang sebenarnya, bukan hanya kelinci yang bisa berbicara, Bugs akan menjadi orang yang sehat.


Itu karena wortel penuh dengan vitamin dan mineral. Wortel juga mengandung beta-karoten, senyawa organik yang telah terbukti membantu tubuh manusia melawan berbagai macam penyakit, dari penyakit jantung hingga degenerasi makula. Wortel bahkan dapat mengurangi kemungkinan Anda akan terkena sengatan matahari yang parah ketika menghabiskan satu hari di bawah sinar matahari.


9. Biji rami
Biji rami mungkin tidak lezat dengan sendirinya, tetapi dengan menambahkannya ke makanan Anda seperti menempatkannya dalam saus, semur atau sereal maka Anda dapat memperoleh manfaat dari banyak senyawa sehat mereka.


Sebagai contoh, biji rami merupakan sumber serat makanan yang sangat baik dan asam lemak omega-3, yang telah terbukti membantu jantung dan otak. Karena mereka kaya akan serat alami, biji rami juga dapat membantu Anda tetap kenyang lebih lama, yang berarti Anda cenderung tidak makan berlebihan pada sesuatu yang tinggi garam, lemak, gula atau kalori.


10. Yoghurt
Jika Anda mencari camilan sederhana dan beraroma yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda berjalan dengan baik, maka tidak perlu melihat lebih jauh, cukup dengan yoghurt. Itu karena yogurt penuh dengan probiotik, atau bakteri yang membantu membuat tubuh kita berfungsi secara normal.


Sering disebut sebagai bakteri "ramah", probiotik membantu tubuh kita memecah makanan menjadi nutrisi lebih efisien. Itu berarti yogurt, yang sangat tinggi dalam probiotik, bisa menjadi pilihan makanan yang sangat baik bagi orang-orang yang sering berurusan dengan masalah pencernaan, mulai sakit perut hingga sembelit dan diare.


11. Kentang
Yang ini mungkin mengejutkan Anda. Lagi pula, kentang sering ditemukan di beberapa makanan yang paling tidak sehat di dunia, termasuk kentang goreng, poutine, kentang goreng, tater tots, dll. Tapi bersihkan semua minyak, saus dan minyak kemudian Anda akan memiliki makanan yang ketika disiapkan dengan memperhatikan kesehatan, sebenarnya bisa sangat baik untuk Anda.


BACA JUGA: 15 makanan lezat rendah kalori

Itu karena kentang mengandung banyak vitamin dan mineral kesehatan, termasuk tembaga, zat besi, magnesium, kalium, mangan, vitamin C, dan vitamin B. Intinya, kentang pada dasar sebenarnya adalah makanan super kecil. Caranya adalah dengan menyiapkannya dengan cara yang sehat: coba potong kentang Anda menjadi irisan panjang dan masukkan ke dalam sedikit bubuk bawang putih, thyme, garam, lada, dan minyak zaitun. Kemudian taruh di oven untuk memanggang dengan api besar selama sekitar 20 menit. Pada akhirnya, Anda akan memiliki kentang goreng yang renyah dan rendah lemak yang mengemas semua hal yang baik dan jauh lebih sedikit dari hal-hal buruk.

12. Dark cokelat
Baik Anda sedang diet atau tidak, Anda pasti ingin makan sesuatu yang manis. Idealnya, Anda meraih sesuatu yang manis secara alami, seperti apel, blueberry, atau mangga. Tetapi terkadang buah saja tidak cukup.


Cokelat hitam, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, dapat menjadi pilihan makanan yang sangat baik. Itu karena dimuat dengan besi, magnesium, tembaga, mangan, dan serat, yang semuanya dapat membantu Anda mencapai sasaran kesehatan Anda. Tentu saja, itu juga manis, yang berarti dapat membantu Anda memuaskan keinginan manis Anda tanpa membuang kunci dalam tujuan diet Anda.

itulah beberapa makanan yang mengandung nutrisi serta gizi yang sangat baik untuk kita komsumsi dalam kehidupan sehari hari. dengan adanya artikel ini saya harap kita dapat merubah pola hidup sehat kedepannya menjadi pola hidup yang teratur.

"Dalam kesehatan terdapat kebebasan. Kesehatan adalah hal paling pertama dalam semua kebebasan" #mudahberbagi

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »