CARA AGAR LOADING BLOG SUPER RINGAN

Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa blog saya susah dapat pengunjung?mungkin salah satu factornya ialah loading blog sobat yang lambat.

loading adalah proses memuat dan mengumpulkan bagian-bagian terpisah suatu file atau class dalam satu tempo untuk mendukung/support kinerja sistemn secara keseluruhan.

loading lambat dapat membuat pengunjung menjadi malas ke blog sobat, ada banyak cara untuk mengoptimalkan waktu memuat blog sobat.salah satunya ialah menggunakan CDN.

Tapi disini saya akan membahas seluruh masalah dan solusinya yang mengakibatkan blog sobat lambat untuk dimuat. Dengan pembahasan kali ini semoga dapat meningkatkan posisi blog sobat di SERP.


“loh kok bisa menaikkan posisi di SERP?” memang bisa. Dan inilah salah satu factor yang membuat blog sobat menjadi naik posisinya. Adapun cara meningkatkan posisi di SERP sobat bisa baca disini

  
Sekarang kita focus untuk ,membuat halaman memuat blog menjadi super ringan, dengan beberapa langkah yang saya kutip dari bloggertipstricks.com 

1) Hapus plugin yang tidak diinginkan
Pengguna WordPress memiliki kelebihan dibandingkan blog blogger karena faktanya ada jutaan plugin yang membantu mereka melakukan hal-hal yang tidak pernah mereka bayangkan lakukan di blogger atau blog WordPress.com. Namun terkadang keuntungan bisa menjadi alasan kegagalan seseorang.

Banyak dari kita menginstal terlalu banyak plugin yang memakan banyak sumber daya server dan membuat blog kita lambat. Berikut ini beberapa kiat yang harus Sobat ingat saat menggunakan plugin WordPress:

  • Nonaktifkan plugin yang tidak diinginkan: Cobalah mencopot pemasangan plugin seperti pengimpor blogger (jika Sobat pernah mengimpor blog Sobat dari blogger ke WordPress, Sobat cenderung lupa untuk mencopot pemasangan ini), Semua dalam satu favicon (coba unggah favicon ke dalam tema), terlalu banyak pembagian sosial plugin, plugin pin Pinterest (Sobat dapat menggunakan plugin shareahoilc yang memiliki pin itu tombol untuk gambar secara default).
  • Gunakan satu plugin yang melakukan tugas yang membutuhkan banyak plugin: Banyak dari kami menggunakan plugin yang berbeda seperti untuk berbagi, satu untuk membuat versi seluler dari situs kami dan banyak lagi. Saya sarankan menggunakan plugin jetpack untuk melakukannya dengan mulus. Contoh lain adalah Sobat dapat berhenti menggunakan analisis terpisah, sitemap, dan plugin SEO dengan menggunakan plugin yoast yang memiliki semua fungsi ini.
2) Gunakan host yang lebih baik
Blog WordPress yang dihosting sendiri memiliki keuntungan memilih web host sendiri. Ketika datang ke hosting situs Sobat, Sobat tidak akan pernah ingin menjadi tuan rumah pada server yang jelek tanpa dukungan atau miskin.

Untuk blog ukuran kecil, saya sarankan menggunakan Hostgator atau Bluehost. Tetapi jika Sobat mencari hosting profesional yang dapat secara dramatis mengurangi waktu loading Sobat, maka saya sarankan Sobat untuk pergi dengan WPXHosting 


3) Berinvestasilah dalam tema yang lebih baik
Jika Sobat membangun toko batu bata dan mortir atau toko layanan, apakah Sobat akan menggunakan bahan murah untuk membuatnya? Saya kira TIDAK . Nah, itu juga kasus blog ini. Mereka adalah toko Sobat di internet di mana Sobat memberikan layanan, informasi, dan bantuan kepada pelanggan Sobat.

Jika Sobat 100% persen serius di blogging, Sobat tidak akan pernah ingin mengambil risiko blog Sobat dengan tema gratis. Tema gratis tidak hanya dikodekan dengan buruk tetapi juga memiliki banyak kode berbahaya di dalamnya yang dapat memungkinkan distributor bahkan meretas blog Sobat.

Sekarang, bagaimana jika saya memberi tahu Sobat tema berbayar tertentu juga tidak dikodekan dengan baik dan tidak bermanfaat? Itulah mengapa saya lebih memilih tema berbayar. Mereka adalah tema pemuatan yang dirancang secara profesional, dioptimalkan dengan SEO, aman, dan cepat.


4) Optimalkan gambar Sobat
Seringkali saya mengunggah gambar seperti yang saya temukan di situs foto stok. Meskipun dikatakan bahwa gambar dapat meningkatkan daya tarik visual dari blog, tetapi kita harus menyadari bahwa mereka dapat secara dramatis meningkatkan waktu loading blog Sobat.

Untuk itu, saya memiliki solusi. Sobat dapat mengunggah gambar ke galeri WordPress Sobat setelah mengoptimalkannya. Berikut cara melakukannya:

  •     Turunkan ukuran gambar menggunakan plugin smush it. Smush itu adalah layanan dari Yahoo yang digunakan untuk memadatkan gambar tanpa kehilangan kualitas gambar.
  •     Jika Sobat memiliki file png untuk diunggah, saya lebih suka TinyPNG yang merupakan alat terbaik untuk mengompresi gambar tanpa kehilangan kualitas.
  •     Gunakan plugin WordPress yang disebut lazy load yang akan memuat gambar secara kondisional ketika pembaca bergulir ke bagian bawah blog daripada memuat semua gambar sekaligus. Dengan cara ini Sobat mendapatkan banyak waktu untuk memuat gambar tanpa mempengaruhi kualitas pengalaman pengguna.
5) Gunakan CDN
Jaringan pengiriman konten (CDN) adalah jaringan server web yang didistribusikan di seluruh negara dan membantu dalam menyampaikan konten secara lebih efisien. Mereka lebih efisien daripada server tunggal yang mengirimkan konten ke seluruh dunia. Jika Sobat ingin mendapatkan ide yang jelas, saya akan menjelaskannya.

Misalkan Sobat memiliki pizza di dapur dan teman-teman Sobat yang duduk di kamar yang berbeda di sebuah apartemen horizontal. Jika Sobat ingin mengambil dan mengantarkan satu pizza pada suatu waktu, jam berapa Sobat tepat waktu?

Dalam kasus kedua, Sobat memiliki pizza di pintu setiap kamar dan sekarang Sobat harus pergi ke dekat setiap kamar untuk mengambil pizza dan mencapai meja teman Sobat. Ini lebih mudah dan lebih cepat daripada pergi setiap kali ke dapur jarak jauh dan mengantarkan pizza satu per satu.

Dalam hal solusi CDN Gratis, saya percaya CloudFlare yang paling tetapi jika Sobat memerlukan kontrol lebih banyak dan fitur yang kuat dan siap untuk menginvestasikan sejumlah uang, saya sarankan menggunakan MaxCDN yang sejauh ini merupakan CDN terbaik dalam hal biaya dan fitur.

Amazon cloudfront lebih baik daripada MaxCDN tetapi akan menghabiskan semua uang Sobat dan secara profesional paling cocok untuk situs e-commerce dan situs lalu lintas yang padat seperti Moz. Itulah mengapa MaxCDN adalah yang terbaik untuk blog.


6) Dapatkan kode kecil sobat
Ketika Sobat melakukan analisis kecepatan halaman Sobat dengan Pingdom atau alat lainnya, mereka menunjukkan elemen apa di situs Sobat yang memakan waktu berapa lama.

Sobat kemudian dapat dengan jelas melihat bahwa kode HTML tertentu termasuk widget pelanggan sosial Sobat yang mencolok, bagian CDATA, dan skrip java lainnya membutuhkan waktu yang signifikan untuk memuat. Terkadang tema Sobat mungkin juga mengandung elemen CSS tertentu yang sebenarnya tidak diperlukan. Sobat harus menghapus semua elemen ini.

Sobat dapat menggunakan plugin yang disebut autoptimize di WordPress untuk memadatkan elemen CSS dan HTML Sobat. Ada alat online yang disebut minifier untuk pengguna non-WordPress juga.


7) Jangan terlalu banyak posting di homepage
Kebanyakan tema memiliki opsi untuk membatasi jumlah postingan yang ditampilkan di homepage. Batasi jumlah Sobat 7 atau paling banyak 10. Saya tidak menyarankan Sobat menggulir tanpa batas (digunakan untuk memuat setiap posting di bersobat) jika Sobat ingin situs web Sobat memuat lebih cepat.

Sobat dapat pergi ke Pengaturan> Membaca di dashboard WordPress Sobat dan atur jumlah yang diperlukan di sana.


8) Jangan gunakan JavaScript di bagian atas blog Sobat
Memiliki skrip java seperti aliran sosial dari twitter atau Google plus dapat menjadi faktor besar untuk meningkatkan waktu loading blog Sobat. Sobat dapat menempatkan JavaScript Sobat seperti kode analitik Google di bagian footer yang akan membuat beban blog Sobat lebih cepat dengan sendirinya setelah semua konten Sobat telah ditampilkan.

Jika Sobat menggunakan tema Kejadian, maka buka opsi Kejadian dan tempel kode JavaScript Sobat di area footer.

9) Kurangi kekacauan dari server Sobat
Jika situs Sobat mungkin berusia satu tahun atau lebih Sobat yakin telah menyuntikkan kode dan skrip yang diperlukan, tetapi sekarang sudah benar-benar usang. Terkadang plugin tertentu yang harus digunakan kemudian tidak perlu diminimalkan lagi.

Sebagai contoh: Banyak atau hampir semua dari kita menggunakan kode untuk menunjukkan kepengarangan Google pada pos kita. Sekarang secara resmi ditinggalkan, Sobat harus meluangkan waktu dan menghapusnya. Banyak yang menggunakan plugin untuk mengatur kepengarangan Google jika Sobat termasuk salah satunya, hapus.

Situs lama sering memiliki terlalu banyak cadangan yang tersumbat ke server mereka. Jika Sobat memiliki terlalu banyak cadangan yang menghambat server favorit Sobat mengapa tidak menghapusnya untuk menyimpan hanya satu atau dua terbaru. Ini pasti akan membebaskan sumber daya sistem Sobat untuk membuat situs Sobat memuat lebih lancar.
 

10) Mempercepat halaman yang paling banyak dilihat
Setiap situs memiliki beberapa halaman yang dilihat lebih banyak dari yang lain. Sobat dapat memeriksa halaman yang paling banyak dilihat dari analisis Google dan kemudian mengoptimalkannya untuk memuat lebih cepat.
halaman top analytics google


Periksa halaman landing Sobat di Google Analytics
Berikut cara melakukannya:

  •     Hapus jumlah iklan di halaman: Kecuali Sobat membuat jumlah besar yang nyata dari iklan tersebut
  •     Optimalkan gambar: Dengan teknik yang saya sebutkan di atas.
  •     Dengan menyembunyikan elemen-elemen tertentu di sidebar yang tidak begitu diperlukan.
11) Gunakan plugin cache di ujung Sobat
Terkadang menggunakan plugin cache di ujung Sobat, yaitu di dasbor Sobat dapat berguna. Saya lebih memilih total cache W3 yang akan membantu mengurangi waktu pemuatan secara signifikan.

Berikut adalah faktor terperinci dan paling penting yang dapat membantu Sobat mengurangi waktu memuat blog. Saya pribadi membuat blog saya lebih cepat menggunakan tiga trik super seperti menggunakan host WPXHosting yang lebih baik, tema kelas dunia, dan sistem caching. Saya menyarankan Sobat yang sama juga. Selain itu, saya ingin memberi tahu Sobat untuk mengikuti pedoman Google untuk mengikuti kebijakan yang baik.


"Bagi orang bijak hidup adalah impian, bagi orang bodoh hidup adalah permainan, bagi orang kaya hidup adalah lelucon. Dan bagi orang miskin hidup dalah tragedi" #mudahberbagi

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »